'Berlin Mural Fest 2018' Sulap Ibu Kota Jerman

24 May 2018

Antara 14 dan 18 Mei 2018, artis terkenal di dunia seperti El Bocho, Mr Woodland, The Weird dan the Kiebebande mendesain pemandangan untuk lebih dari 10.000 meter persegi ruang tembok di seluruh Berlin, Jerman. 

Ini merupakan bagian dari Berlin Mural Fest 2018 yang digagas Berlin Art Bang e.V. dan DIE DIXONS. Ajang yang digelar untuk pertama kalinya ini dibuka untuk publik pada Sabtu (19/5) lalu.

Acara ini berhasil menarik perhatian pecinta seni dari seluruh dunia. Salah satu tempat yang menjadi ‘target’ mural ini adalah bekas pabrik rokok di Berlin. 

Banyak mural berskala besar kini menghiasi Berlin, dari Moabit hingga Friedrichshain. Salah satunya adalah karya artis urban Case Maclaim.

Di ajang ini, artis urban asal Jerman maupun internasional telah menciptakan sebuah galeri luar ruang untuk memperkaya ruang urban. Artis-artis yang berpartisipasi dalam hal ini termasuk Onur, Wes21 and Herakut. 

Selain itu, ada pula mural berskala besar karya seniman urban Elle di dinding sebuah kawasan hunian di Berlin. Mural ini menggabungkan bagian wajah beberapa tokoh terkenal seperti Monalisa.

Karya seni 'Lebensbaum' (pohon kehidupan) milik seniman Ben Wargin terpampang di salah satu sudut kota Berlin. 

Mural karya artis urban Herakut ini dipajang di tembok luar salah satu kompleks hunian warga Berlin. 

Kesuksesan Berlin Mural Fest 2018 diperkirakan akan menjadi salah satu faktor dilanjutkannya ajang ini pada tahun depan.