Warga Penuhi Hotel Sambut Kedatangan Kim Jong Un di Singapura

11 June 2018

Singapura, CNN Indonesia -- Tak hanya wartawan lokal serta internasional, sebagian warga Singapura nampaknya ikut tak sabar menantikan kedatangan pemimpin tertinggi Kim Jong-un di Singapura, Minggu (10/6).

Di Singapura, Kim Jong-un direncanakan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk pertama kalinya pada Selasa (12/6) di Pulau Sentosa.

Sebagian warga lokal hingga turis asing berkumlul di sekitar Hotel St. Regis, tempat Kim Jong-un menginap.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, ratusan wartawan bersama warga serta turis sudah terlihat memenuhi kawasan Tanglin Road, tepatnya depan Hotel St. Regis, sejak pukul 14:00 waktu lokal.

"Saya datang bersama dua anak saya dari Malaysia ke Singapura hanya untuk melihat dia [Kim Jong-un]," ucap George Sam (47), warga asal Belanda yang kini menetap di Negeri Jiran.

"Saya tidak begitu paham dengan pertemuan tinggi ini, tapi ini [pertemuan] hebat. Kita tahu Kim Jong-un tidak pernah mau berdialog. Meski tak bisa melihat langsung, saya terkesima bahwa dia benar-benar ada di Singapura dan akan menginap di hotel itu."

Marry Lou (28) rela menunggu di depan hotel St. Regis bersama tiga temannya untuk melihat kedatangan Kim Jong-un. Mahasiswi Nasional University of Singapore itu berharap kedatangan Kim Jong-un berbuah manis menuju perdamaian di Semenanjung Korea.

"Saya lahir di Korea Selatan. Meski saya sudah menjadi warga Singapura, saya tetap penasaran dengan Kim Jong-un. Saya harap kedatangannya bisa membawa pesan baik. Jika hubungan AS-Korut baik ini bisa semakin menjamin perdamaian di Semenanjung Korea," kata Marry.

Pengamanan terlihat ketat terutama di depan gedung hotel. Ratusan petugas keamanan berseragam biru tua bersama pasukan khusus Korut sudah berjaga di sekitar penginapan.

Pagar pembatas dipasang di sepanjang jalan Tanglin Road menghadap hotel. Jalanan di sekitar hotel pun sudah mulai steril dari kendaraan.

Berselang dua jam, sedikitnya 15 rombongan mobil Kim Jong-un tiba di hotel sekitar pukul 15:40 digiring oleh empat motor polisi.

Kim Jong-un bersama rombongan dilaporkan tiba di Bandara Internasional Changi sekitar pukul 15:00 menggunakan pesawat komersil Air China dari Bandara Internasional Beijing.

Selain Kim Jong-un, adik perempuannya, Kim Yo-jong dilaporkan ikut serta dalam lawatan kali ini. Hari ini, Kim Jong-un dikabarkan akan menemui Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Sementara itu, Trump dijadwalkan tiba di Singapura pada Minggu malam sekitar pukul 20:30 waktu lokal. Tidak seperti rombongan Kim, Pesawat Air Force One dilaporkan akan mendarat di Pangkalan Udara Militer Paya Lebar.

Trump dilaporkan akan menginap di Hotel Sang-ri La yang berjarak 1,4 kilometer dari Hotel St. Regis.